Senin, 04 Juni 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 18

SEKOLAH                  : MA PPMIA Assalaam - Sukoharjo
MATA PELAJARAN    : Bahasa Indonesia
KELAS                      : X
SEMESTER              : 2
TAHUN PELAJARAN  : 2007/2008


A.            STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : Memahami  informasi melalui tuturan

B.            KOMPETENSI DASAR :
Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung 

C.            MATERI PEMBELAJARAN :
Informasi dari tuturan langsung tentang topik tertentu
·         pokok-pokok isi informasi

D.            INDIKATOR :
·         Mencatat pokok-pokok isi  informasi yang disampaikan  melalui tuturan langsung
·         Menyimpulkan  isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·         Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis  secara runtut dan jelas

E.            TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Mencatat pokok-pokok isi  informasi yang disampaikan  melalui tuturan langsung
·         Menyimpulkan  isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
·         Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis  secara runtut dan jelas

F.             METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal      :
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti         :
·         Mendengarkan informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung (Misalnya tentang Transportasi : andong, delman, bajaj, jukung, bendi, dan cidomo)
·         Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. 
·         Menyampaikan secara lisan isi informasi yang telah ditulis  secara runtut dan jelas
·         Mendiskusikan isi informasi

Kegiatan Akhir      :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
§  Penugasan


H.            ALOKASI WAKTU :
2 x 40 menit

I.              SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         Narasumber: sais
·         televisi/internet

J.             PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat



            Mengetahui,                                                      Sukoharjo, 01 Juni 2007
            Kepala MA PPMI Assalaam                               Guru Mata Pelajaran,




            Sigit Rahardja,S.Si                                            Drs. Wisnu Sujianto




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 19

SEKOLAH                  : MA PPMIA Assalaam - Sukoharjo
MATA PELAJARAN    : Bahasa Indonesia
KELAS                      : X
SEMESTER              : 2
TAHUN PELAJARAN  : 2007/2008


A.            STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : Memahami  informasi melalui tuturan

B.            KOMPETENSI DASAR :
Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)  

C.            MATERI PEMBELAJARAN :
Rekaman Informasi atau teks yang dibacakan
·         pokok-pokok isi informasi
·         simpulan informasi

D.            INDIKATOR :
·         Mencatat pokok-pokok isi  informasi melalui rekaman atau teks yang dibacakan
·         Menyampaikan secara lisan isi informasi   secara runtut dan jelas
·         Menyimpulkan isi informasi yang didengar


E.            TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Mencatat pokok-pokok isi  informasi melalui rekaman atau teks yang dibacakan
·         Menyampaikan secara lisan isi informasi   secara runtut dan jelas
·         Menyimpulkan isi informasi yang didengar


F.             METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal      :
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti         :
·         Mendengarkan informasi yang disampaikan melalui rekaman atau teks yang dibacakan
·         Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami
·         Menyampaikan secara lisan isi informasi secara runtut dan jelas

Kegiatan Akhir      :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.


H.            ALOKASI WAKTU :
2 x 40 menit

I.              SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Rekaman informasi/ teks yang dibacakan

J.             PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat



            Mengetahui,                                                      Sukoharjo, 01 Juni 2007
            Kepala MA PPMI Assalaam                               Guru Mata Pelajaran,




            Sigit Rahardja,S.Si                                            Drs. Wisnu Sujianto





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 20

SEKOLAH                  : MA PPMIA Assalaam - Sukoharjo
MATA PELAJARAN    : Bahasa Indonesia
KELAS                      : X
SEMESTER              : 2
TAHUN PELAJARAN  : 2007/2008


A.            STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber  


B.            KOMPETENSI DASAR :
Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik 

C.            MATERI PEMBELAJARAN :
·         Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum (misalnya, kenaikan harga BBM atau berita terorisme)
·         Kata kunci (saya kurang sependapat...  karena..., ) untuk menyampaikan kritik atau dukungan terhadap  suatu pendapat atau gagasan


D.            INDIKATOR :
·         Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
·         Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
·         Memberikan  kritik  dengan disertai alasan


E.            TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
  • Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
  • Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
  • Memberikan  kritik  dengan disertai alasan


F.             METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal      :
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti         :
·         Mendiskusikan artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum (misalnya, kenaikan harga BBM atau berita terorisme)
·         Kata kunci (saya kurang sependapat...  karena..., ) untuk menyampaikan kritik atau dukungan terhadap  suatu pendapat atau gagasan


Kegiatan Akhir      :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
§  Penugasan.


H.            ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I.              SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         artikel dari media cetak/ internet
·         artikel dari buku pendamping: Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X, Syamsuddin A.R., Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Surakarta
·         Lembar Kerja Siswa

J.             PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat



            Mengetahui,                                                      Sukoharjo, 01 Juni 2007
            Kepala MA PPMI Assalaam                               Guru Mata Pelajaran,




            Sigit Rahardja,S.Si                                            Drs. Wisnu Sujianto





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 21

SEKOLAH                  : MA PPMIA Assalaam - Sukoharjo
MATA PELAJARAN    : Bahasa Indonesia
KELAS                      : X
SEMESTER              : 2
TAHUN PELAJARAN  : 2007/2008


A.            STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber  


B.            KOMPETENSI DASAR :
Memberikan persetujuan/ dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik    


C.            MATERI PEMBELAJARAN :
·         Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum (misalnya, kenaikan harga BBM atau berita terorisme)
·         Kata kunci (saya sependapat... karena..., ) untuk menyampaikan dukungan terhadap  suatu pendapat atau gagasan


D.            INDIKATOR :
·         Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
·         Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
·         Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan alasan)


E.            TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
·         Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
·         Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan alasan)

F.             METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah

G.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal      :
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti         :
·         Membaca artikel
·         Mendiskusikan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
·         Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan alasan)

Kegiatan Akhir      :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.


H.            ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I.              SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
artikel dari media cetak/ internet

J.             PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat



            Mengetahui,                                                      Sukoharjo, 01 Juni 2007
            Kepala MA PPMI Assalaam                               Guru Mata Pelajaran,




            Sigit Rahardja,S.Si                                            Drs. Wisnu Sujianto





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 21

SEKOLAH                  : MA PPMIA Assalaam - Sukoharjo
MATA PELAJARAN    : Bahasa Indonesia
KELAS                      : X
SEMESTER              : 2
TAHUN PELAJARAN  : 2007/2008


A.            STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber  


B.            KOMPETENSI DASAR :
Memberikan persetujuan/ dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik    


C.            MATERI PEMBELAJARAN :
·         Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum (misalnya, kenaikan harga BBM atau berita terorisme)
·         Kata kunci (saya sependapat... karena..., ) untuk menyampaikan dukungan terhadap  suatu pendapat atau gagasan


D.            INDIKATOR :
·         Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
·         Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
·         Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan alasan)


E.            TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Mendata informasi dari sebuah artikel dengan mencantumkan sumbernya
·         Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
·         Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan alasan)

F.             METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah

G.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal      :
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti         :
·         Membaca artikel
·         Mendiskusikan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
·         Memberikan persetujuan/ dukungan dengan bukti pendukung (disertai dengan alasan)

Kegiatan Akhir      :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.


H.            ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I.              SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
artikel dari media cetak/ internet

J.             PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat



            Mengetahui,                                                      Sukoharjo, 01 Juni 2007
            Kepala MA PPMI Assalaam                               Guru Mata Pelajaran,




            Sigit Rahardja,S.Si                                            Drs. Wisnu Sujianto





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 23

SEKOLAH                  : MA PPMIA Assalaam - Sukoharjo
MATA PELAJARAN    : Bahasa Indonesia
KELAS                      : X
SEMESTER              : 2
TAHUN PELAJARAN  : 2007/2008


A.            STANDAR KOMPETENSI :
Membaca : Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai

B.            KOMPETENSI DASAR :
Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai   

C.            MATERI PEMBELAJARAN :
·         teks / bacaan yang berisi tabel atau grafik
·         isi tabel/ grafik
·         merangkum tabel/ grafik

D.            INDIKATOR :
·         Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat
·         Merangkum isi informasi  dari suatu tabel/ grafik

E.            TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat
·         Merangkum isi informasi  dari suatu tabel/ grafik

F.             METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah

G.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal      :
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti         :
·         Membaca teks yang berisi tabel atau grafik
·         Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/ grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat 
·         Menyimpulkan isi tabel/ grafik

Kegiatan Akhir      :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.


H.            ALOKASI WAKTU :
2 x 40 menit

I.              SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         media cetak/ internet

J.             PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat



            Mengetahui,                                                      Sukoharjo, 01 Juni 2007
            Kepala MA PPMI Assalaam                               Guru Mata Pelajaran,




            Sigit Rahardja,S.Si                                            Drs. Wisnu Sujianto





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 24

SEKOLAH                  : MA PPMIA Assalaam - Sukoharjo
MATA PELAJARAN    : Bahasa Indonesia
KELAS                      : X
SEMESTER              : 2
TAHUN PELAJARAN  : 2007/2008


A.            STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : Mengungkapkan informasi melalui  penulisan paragraf dan teks pidato 

B.            KOMPETENSI DASAR :
Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif

C.            MATERI PEMBELAJARAN :
Contoh paragraf argumentatif
·         ciri-ciri paragraf argumentatif
·         topik paragraf argumentatif
·         kerangka paragraf argumentatif
·         penggunaan kata penghubung dalam paragraf argumentatif

D.            INDIKATOR :
·         Mendaftar topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif
·         Menyusun kerangka paragraf argumentatif
·         Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf argumentatif  
·         Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan demikian, oleh sebab itu, dll.) dalam paragraf argumentatif
·         Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis  teman

E.            TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf argumentatif.
·         Menyusun kerangka paragraf argumentatif.
·         Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf argumentatif berdasarkan pemecahan masalah.  
·         Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan demikian, oleh sebab itu) dalam paragraf argumentatif
·         Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis  teman

F.             METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal      :
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti         :
·         Membaca paragraf argumentatif yang ada di dalam buku pendamping
·         Mengidentifikasi  karekteristik paragraf argumentatif
·         Menulis paragraf argumentatif dengan menggunakan penanda khusus
·         Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan demikian, oleh sebab itu, dll.)dalam paragraf argumentatif
·         Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis  teman

Kegiatan Akhir      :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
§  Penugasan.

H.            ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I.              SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         buku yang berkaitan dengan argumentasi
·         Tata Bahasa Indonesia, Gorys Keraf, Ende-Flores: Nusa Indah. 1980.
·         Argumentasi, Gorys Keraf, Ende-Flores: Nusa Indah.2000.

J.             PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat



            Mengetahui,                                                      Sukoharjo, 01 Juni 2007
            Kepala MA PPMI Assalaam                               Guru Mata Pelajaran,




            Sigit Rahardja,S.Si                                            Drs. Wisnu Sujianto





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 25

SEKOLAH                  : MA PPMIA Assalaam - Sukoharjo
MATA PELAJARAN    : Bahasa Indonesia
KELAS                      : X
SEMESTER              : 2
TAHUN PELAJARAN  : 2007/2008


A.            STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : Mengungkapkan informasi melalui  penulisan paragraf dan teks pidato 

B.            KOMPETENSI DASAR :
         Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf  persuasif

C.            MATERI PEMBELAJARAN :
Contoh paragraf persuasif
·         ciri-ciri paragraf persuasif
·         topik-topik  paragraf persuasif
·         kerangka paragraf persuasif
·         penggunaan kata penghubung antarklausa dalam paragraf persuasif

D.            INDIKATOR :
·         Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf argumentatif berdasarkan hasil penelitian
·         Menyusun kerangka paragraf persuasif
·         Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf persuasif  
·         Menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.)dalam paragraf persuasif
·         Menyunting paragraf persuasif yang ditulis  teman

E.            TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf argumentatif berdasarkan hasil penelitian
·         Menyusun kerangka paragraf persuasif
·         Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf persuasif  
·         Menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll.)dalam paragraf persuasif
·         Menyunting paragraf persuasif yang ditulis  teman

F.             METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal      :
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti         :
·         Membaca paragraf persuasif
·         Mengidentifikasi  karekteristik paragraf persuasif
·         Menulis paragraf persuasif
·         Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan demikian, oleh sebab itu) dalam paragraf persuasif
·         Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis  teman

Kegiatan Akhir      :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
§  Penugasan


H.            ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I.              SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         Argumentasi, Gorys Keraf, Ende-Flores: Nusa Indah, 1990
·         Tata Bahasa Indonesia, Gorys Keraf, Ende-Flores: Nusa Indah, 1980

J.             PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat



            Mengetahui,                                                      Sukoharjo, 01 Juni 2007
            Kepala MA PPMI Assalaam                               Guru Mata Pelajaran,




            Sigit Rahardja,S.Si                                            Drs. Wisnu Sujianto





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 26

SEKOLAH                  : MA PPMIA Assalaam - Sukoharjo
MATA PELAJARAN    : Bahasa Indonesia
KELAS                      : X
SEMESTER              : 2
TAHUN PELAJARAN  : 2007/2008


A.            STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : Mengungkapkan informasi melalui  penulisan paragraf dan teks pidato 

B.            KOMPETENSI DASAR :
Menulis hasil  wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat

C.            MATERI PEMBELAJARAN :
Informasi  dari narasumber :
·         topik wawancara
·         daftar pertanyaan
·         pokok-pokok isi wawancara
·         penggunaan ejaan dan tanda baca


D.            INDIKATOR :
·         Menentukan topik
·         Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana)
·         Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara
·         Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar

E.            TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Menentukan topik
·         Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana)
·         Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara
·         Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar

F.             METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal      :
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti         :
·         Memilih narasumber untuk diwawancarai *
·         Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana)
·         Melakukan wawancara dengan narasumber
·         Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara
·         Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar

Kegiatan Akhir      :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
§  Penugasan.


H.            ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I.              SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Buku  pedoman wawancara

J.             PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat



            Mengetahui,                                                      Sukoharjo, 01 Juni 2007
            Kepala MA PPMI Assalaam                               Guru Mata Pelajaran,




            Sigit Rahardja,S.Si                                            Drs. Wisnu Sujianto





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 27

SEKOLAH                  : MA PPMIA Assalaam - Sukoharjo
MATA PELAJARAN    : Bahasa Indonesia
KELAS                      : X
SEMESTER              : 2
TAHUN PELAJARAN  : 2007/2008


A.            STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : Mengungkapkan informasi melalui  penulisan paragraf dan teks pidato 

B.            KOMPETENSI DASAR :
         Menyusun  teks pidato 

C.            MATERI PEMBELAJARAN :
Kalimat pembuka, isi, penutup
·         syarat-syarat topik
·         sumber topik
·         kerangka teks pidato
·         penggunaan bahasa dalam teks pidato


D.            INDIKATOR :
·         Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami
·         Menyunting teks pidato tulisan teman

E.            TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami
·         Menyunting teks pidato tulisan teman

F.             METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal      :
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti         :
·         Menentukan topik dan tujuan
·         Menyusun kerangka pidato
·         Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami
·         Menyunting teks pidato tulisan teman

Kegiatan Akhir      :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.


H.            ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I.              SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
buku yang berkaitan dengan pidato
buku EyD

J.             PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat



            Mengetahui,                                                      Sukoharjo, 01 Juni 2007
            Kepala MA PPMI Assalaam                               Guru Mata Pelajaran,




            Sigit Rahardja,S.Si                                            Drs. Wisnu Sujianto






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 28

SEKOLAH                  : MA PPMIA Assalaam - Sukoharjo
MATA PELAJARAN    : Bahasa Indonesia
KELAS                      : X
SEMESTER              : 2
TAHUN PELAJARAN  : 2007/2008


A.            STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : Memahami cerita rakyat yang dituturkan

B.            KOMPETENSI DASAR :
         Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman

C.            MATERI PEMBELAJARAN :
Rekaman cerita rakyat atau yang disampaikan secara langsung
·         ciri-ciri cerita rakyat
·         unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang)
·         nilai-nilai (budaya, moral, agama)
·         cara membuat sinopsis
·         hal-hal yang menarik tentang tokoh

D.            INDIKATOR :
·         Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·         Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
·         Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat
·         Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif
·         Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis

E.            TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·         Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
·         Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat
·         Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif
·         Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis


F.             METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal      :
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti         :
·         Mendengarkan rekaman cerita rakyat (penuturan cerita sesuai dengan daerah setempat)*
·         Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·         Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat
·         Mengutarakan secara lisan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan memperhatikan pelafalan kata, dan kalimat  yang tepat
·         Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
·         Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis

Kegiatan Akhir      :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.


H.            ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I.              SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
rekaman cerita rakyat, tuturan cerita rakyat
buku cerita rakyat

J.             PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat



            Mengetahui,                                                      Sukoharjo, 01 Juni 2007
            Kepala MA PPMI Assalaam                               Guru Mata Pelajaran,




            Sigit Rahardja,S.Si                                            Drs. Wisnu Sujianto






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 29

SEKOLAH                  : MA PPMIA Assalaam - Sukoharjo
MATA PELAJARAN    : Bahasa Indonesia
KELAS                      : X
SEMESTER              : 2
TAHUN PELAJARAN  : 2007/2008


A.            STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan : Memahami cerita rakyat yang dituturkan

B.            KOMPETENSI DASAR :
Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau  melalui rekaman 

C.            MATERI PEMBELAJARAN :
Rekaman cerita rakyat atau yang disampaikan secara langsung
·         ciri-ciri cerita rakyat
·         unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang)
·         nilai-nilai (budaya, moral, agama)
·         cara membuat sinopsis
·         hal-hal yang menarik tentang latar

D.            INDIKATOR :
·         Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·         Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
·         Menemukan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat
·         Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif
·         Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis

E.            TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·         Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
·         Menemukan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat
·         Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif
·         Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk sinopsis

F.             METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal      :
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti         :
·         Mendengarkan cerita rakyat yang disampaikan secara langsung*
·         Mengidentifikasi karakteristik cerita rakyat yang didengarkan
·         Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat
·         Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
·         Mengungkapkan cerita rakyat dalam bentuk sinopsis

Kegiatan Akhir      :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.


H.            ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I.              SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Buku cerita rakyat, tuturan cerita rakyat

J.             PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat



            Mengetahui,                                                      Sukoharjo, 01 Juni 2007
            Kepala MA PPMI Assalaam                               Guru Mata Pelajaran,




            Sigit Rahardja,S.Si                                            Drs. Wisnu Sujianto






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 30

SEKOLAH                  : MA PPMIA Assalaam - Sukoharjo
MATA PELAJARAN    : Bahasa Indonesia
KELAS                      : X
SEMESTER              : 2
TAHUN PELAJARAN  : 2007/2008


A.            STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi

B.            KOMPETENSI DASAR :
         Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui  diskusi

C.            MATERI PEMBELAJARAN :
Puisi :
·         gambaran penginderaan
·         gambaran perasaan
·         gambaran pikiran
·         penggambaran imajinasi
·         maksud puisi


D.            INDIKATOR :
·         Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi)
·         Mendiskusikan  maksud/ makna puisi


E.            TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi)
·         Mendiskusikan  maksud/ makna puisi


F.             METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal      :
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti         :
·         Membaca puisi
·         Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi)
·         Melaporkan hasil diskusi
·         Menanggapi isi laporan diskusi

Kegiatan Akhir      :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.


H.            ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I.              SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         Buku kumpulan puisi: Bangsat, Darmanto Jt
·         Buku panduan yang terkait

J.             PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat



            Mengetahui,                                                      Sukoharjo, 01 Juni 2007
            Kepala MA PPMI Assalaam                               Guru Mata Pelajaran,




            Sigit Rahardja,S.Si                                            Drs. Wisnu Sujianto






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 31

SEKOLAH                  : MA PPMIA Assalaam - Sukoharjo
MATA PELAJARAN    : Bahasa Indonesia
KELAS                      : X
SEMESTER              : 2
TAHUN PELAJARAN  : 2007/2008


A.            STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi

B.            KOMPETENSI DASAR :
         Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui  diskusi 

C.            MATERI PEMBELAJARAN :
·         hubungan isi dengan realitas alam
·         hubungan isi puisi dengan sosial budaya
·         hubungan isi puisi dengan masyarakat

D.            INDIKATOR :
·         Mendiskusikan (hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat)

E.            TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Mendiskusikan (hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat)
·         Menemukan makna mencintai lingkungan melalui pembacaan dan penghayatan puisi.
·         Menemukan keterkaitan penyair dengan alam, sosial, dan budayanya.
·         Menyusun laporan diskusi tentang puisi.

F.             METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal      :
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti         :
·         Membaca puisi
·         Mendiskusikan (hubungan isi puisi dengan realitas alam, hubungan isi puisi dengan sosial budaya, hubungan isi puisi dengan masyarakat)
·         Melaporkan hasil diskusi
·         Menanggapi isi laporan diskusi

Kegiatan Akhir      :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.


H.            ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I.              SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
·         buku kumpulan puisi : Laut Biru Langit Biru, Ajip Rosyidi
·         buku panduan yang terkait

J.             PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat



            Mengetahui,                                                      Sukoharjo, 01 Juni 2007
            Kepala MA PPMI Assalaam                               Guru Mata Pelajaran,




            Sigit Rahardja,S.Si                                            Drs. Wisnu Sujianto






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 32

SEKOLAH                  : MA PPMIA Assalaam - Sukoharjo
MATA PELAJARAN    : Bahasa Indonesia
KELAS                      : X
SEMESTER              : 2
TAHUN PELAJARAN  : 2007/2008


A.            STANDAR KOMPETENSI :
Membaca : Memahami sastra Melayu klasik 

B.            KOMPETENSI DASAR :
         Mengidentifikasi karakteristik dan   struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik

C.            MATERI PEMBELAJARAN :
Karya sastra Melayu klasik
·         ciri-ciri karya sastra Melayu klasik
·         unsur-unsur karya sastra Melayu klasik (tema, alur, latar, penokohan, amanat)
·         ringkasan isi karya sastra Melayu klasik


D.            INDIKATOR :
·         Mengidentifikasi karakteristik karya sastra  Melayu klasik
·         Menentukan struktur (unsur) karya sastra Melayu klasik
·         Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf

E.            TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Mengidentifikasi karakteristik karya sastra  Melayu klasik
·         Menentukan struktur (unsur) karya sastra Melayu klasik
·         Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf

F.             METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal      :
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti         :
·         Membaca naskah sastra Melayu klasik
·         Mengidentifikasi karakteristik karya sastra  Melayu Klasik
·         Mendiskusikan struktur (unsur) karya sastra Melayu Klasik
·         Menuliskan secara ringkas isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf

Kegiatan Akhir      :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.


H.            ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I.              SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
karya satra Melayu klasik

J.             PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat



            Mengetahui,                                                      Sukoharjo, 01 Juni 2007
            Kepala MA PPMI Assalaam                               Guru Mata Pelajaran,




            Sigit Rahardja,S.Si                                            Drs. Wisnu Sujianto







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 33

SEKOLAH                  : MA PPMIA Assalaam - Sukoharjo
MATA PELAJARAN    : Bahasa Indonesia
KELAS                      : X
SEMESTER              : 2
TAHUN PELAJARAN  : 2007/2008


A.            STANDAR KOMPETENSI :
Membaca : Memahami sastra Melayu klasik 

B.            KOMPETENSI DASAR :
Menemukan  nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik

C.            MATERI PEMBELAJARAN :
Naskah sastra Melayu klasik :
·         nilai-nilai (budaya, moral, agama)

D.            INDIKATOR :
·         Menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik
·         Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini
·         Mengartikan kata-kata sulit


E.            TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik
·         Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini
·         Mengartikan kata-kata sulit

F.             METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal      :
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti         :
·         Mendiskusikan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik
·         Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini

Kegiatan Akhir      :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.


H.            ALOKASI WAKTU :
2 x 40 menit

I.              SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Karya satra Melayu klasik : Hikayat Hang Tuah, Hikayat Raja-Raja Pasai

J.             PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat



            Mengetahui,                                                      Sukoharjo, 01 Juni 2007
            Kepala MA PPMI Assalaam                               Guru Mata Pelajaran,




            Sigit Rahardja,S.Si                                            Drs. Wisnu Sujianto







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 34

SEKOLAH                  : MA PPMIA Assalaam - Sukoharjo
MATA PELAJARAN    : Bahasa Indonesia
KELAS                      : X
SEMESTER              : 2
TAHUN PELAJARAN  : 2007/2008


A.            STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam  cerpen

B.            KOMPETENSI DASAR :
         Menulis karangan berdasarkan  kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar

C.            MATERI PEMBELAJARAN :
Contoh cerpen
·         ciri-ciri cerita pendek
·         syarat topik cerpen
·         Kerangka cerita pendek
·         unsur-unsur cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik)

D.            INDIKATOR :
·         Menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis  cerita pendek
·         Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa
·         Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.

E.            TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Menentukan topik yang berhubungan dengan kehidupan diri sendiri untuk menulis  cerita pendek
·         Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa
·         Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.

F.             METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal      :
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti         :
·         Menulis cerpen
·         Membahas cerpen yang ditulis teman dari segi penentuan topik, diksi, dan ejaan.
·         Membahas cerpen yang ditulis teman dari segi alur dan penokohan.

Kegiatan Akhir      :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.


H.            ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I.              SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
         buku kumpulan cerpen

J.             PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat



            Mengetahui,                                                      Sukoharjo, 01 Juni 2007
            Kepala MA PPMI Assalaam                               Guru Mata Pelajaran,




            Sigit Rahardja,S.Si                                            Drs. Wisnu Sujianto








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor 35

SEKOLAH                  : MA PPMIA Assalaam - Sukoharjo
MATA PELAJARAN    : Bahasa Indonesia
KELAS                      : X
SEMESTER              : 2
TAHUN PELAJARAN  : 2007/2008


A.            STANDAR KOMPETENSI :
Menulis : Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam  cerpen

B.            KOMPETENSI DASAR :
Menulis karangan berdasarkan  pengalaman orang lain dalam   cerpen (pelaku, peristiwa, latar)

C.            MATERI PEMBELAJARAN :
Contoh cerpen
·         ciri-ciri cerita pendek
·         syarat topik cerpen
·         kerangka cerita pendek
·         unsur-unsur cerpen (pelaku, peristiwa, latar, konflik)

D.            INDIKATOR :
·         Menentukan topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis  cerita pendek
·         Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan  pelaku, peristiwa, latar
·         Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, ) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.

E.            TUJUAN PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·         Menentukan topik yang berhubungan dengan pengalaman orang lain untuk menulis  cerita pendek
·         Menulis kerangka cerita pendek dengan memperhatikan  pelaku, peristiwa, latar
·         Mengembangkan kerangka yang telah dibuat  dalam bentuk cerpen (pelaku, peristiwa, latar, ) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.
·         Membuat cerpen dengan penokohan dan pengaluran yang bervariasi.

F.             METODE PEMBELAJARAN :
§  Penugasan
§  Diskusi
§  Tanya Jawab
§  Ceramah
§  Demonstrasi

G.            LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan Awal      :
§  Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan Inti         :
·         Menulis cerpen
·         Membahas cerpen yang ditulis teman

Kegiatan Akhir      :
§  Refleksi
§  Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
§  Penugasan.


H.            ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit

I.              SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Buku kumpulan cerpen

J.             PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§  tugas individu
§  ulangan

Bentuk Instrumen:
§  uraian bebas
§  pilihan ganda
§  jawaban singkat



            Mengetahui,                                                      Sukoharjo, 01 Juni 2007
            Kepala MA PPMI Assalaam                               Guru Mata Pelajaran,




            Sigit Rahardja,S.Si                                            Drs. Wisnu Sujianto







Tidak ada komentar:

Posting Komentar