Jumat, 15 Juni 2012

Membaca Intensif


Pengertian awal dari Membaca Intensif ialah belajar membaca dengan tekun atau teliti. Teknik dalam membaca intensif adalah ketika seseorang melakukan hal-hal untuk latihan seperti halnya dengan latihan kosa kata atau pola dalam suatu kalimat. Bacaan dalam suatu kalimat yang benar agar sesuai adalah harus dipilih oleh guru atau dosen, baik dari segi bentuk maupun dari segi isinya. Pelajar atau mahasiswa yang telah berhasil dalam suatu tahapan tersebut akan secara langsung berkaitan atau berhubungan dengan kualitas serta keserasian pilihan bahan dalam suatu bacaan.

Istilah dari membaca intensif adalah menyatakan bahwa bukanlah hakikat dari suatu keterampilan yang terlihat, namun yang lebih diutamakan lagi adalah ketika ia saat membaca atau mempraktikannya. Namun dari beberapa fakta yang ada, bahan untuk memahami yang terperinci adalah suatu teks. Teks tersebut panjang dalam suatu kalimatnya adalah sekitar kurang lebih 400 kata. Tujuan utamanya dalam membaca intensif adalah agar memperoleh pemahaman penuh terhadap suatu kritik dan saran yang logis. Kecepatan dalam suatu bacaan ialah bisa untuk memahami tingkatan dalam suatu hubungan yang erat. Silahkan jangan lupa lihat posting Ban Terbaik di Indonesia GT Radial. Sungguh sangat jelas terlihat bagaimana memahami suatu kecepatan dalam suatu bacaan. Namun salah satu faktor dari semua itu adalah kejelasan teks bacaan itu sendiri. Karena kita hanya berpusat pada suatu tulisan tersebut. Suatu faktor lain yang mungkin saja menyangkut adalah pengenalan pembaca terhadap suatu isi bacaan. Tentu saja itu akan lebih memudahkan diri kita dalam menangkap dan mengamati suatu isi dari bacaan tersebut. Meskipun dengan demikian mungkin saja kita masih. Mengembangkan kecepatan dalam suatu bacaan dan membaca dengan efisien maka tidak mungkin akan melibatkan kecepatan dalam suatu bacaan yang tinggi dan pemahaman yang tinggi pula.


Sudah banyak pula orang yang beranggapan bahwa pembelajaran dalam membaca lambat itu seperti sama dengan yang lainnya. Namun sebenarnya tidak demikian. Sebab bahwa pembelajaran tersebut melibatkan beberapa jenis keterampilan pembaca. Seorang siswa ataupun mahasiswa yang teliti pasti akan terlebih dahulu mengadakan survei pendahuluan terhadap apa yang akan dibacanya. Hal ini tentu saja akan membimbing dia agar untuk memformulasikan serangkaian pertanyaan mengenai suatu subyek yang akan mereka gunakan. Lalu kemudia mereka baru membacanya. Ditinjau dari segi aspek ini pastilah akan terlihat bagaimana sikap atau perilaku yang mereka pertontonkan pada orang lain. Bagi mereka yang teliti dan lebih fokus pastilah akan lebih baik dari yang tidak melakukan seperti itu.

Membaca secara intensif akan banyak manfaat yang akan diterima oleh kita. Entah itu dari kita akan menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dan barangkali pula ada yang akan mencatat jawaban-jawaban yang diinginkan pada waktu yang mendatang agar bisa menerapkan Cara Membaca Intensif. Apabila ada waktu yang cukup lama, silahkan lihat posting Ban Terbaik di Indonesia GT Radial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar