Senin, 04 Juni 2012

BAHAN AJAR

SILABUS
Nama Sekolah                     SMA  ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XI
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Menulis
12.Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan,  notulen rapat, dan   
      karya ilmiah

Kompetensi
 Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
12.1 Menulis rangkuman/ring-kasan isi buku 




Ringkasan buku nonfiksi

·      Membaca buku nonfiksi
·     Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
·     Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
·     Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman
·     Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
·     Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
·     Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman

Jenis Tagihan:
·    tugas individu
·    tugas kelompok
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat

4
·   buku nonfiksi
12.2 Menulis notulen rapat sesuai dengan pola  penulisannya

Contoh notulen rapat
·   unsur-unsur notulen
·   pola notulen

·       Membaca beberapa contoh notulen
·     Mengidentifikasi dua notulen rapat atau lebih
·     Mencatat perbedaan dan persamaan antara dua notulen  rapat atau lebih
·     Menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap
·     Menulis notulen rapat
·     Mendiskusikan notulen rapat yang telah dibuat





·   Mengidentifikasi dua notulen rapat atau lebih
·   Mencatat perbedaan dan persamaan antara dua notulen  rapat atau lebih
·   Menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap
·   Menulis notulen rapat
·   Mendiskusikan notulen rapat yang telah dibuat

Jenis Tagihan:
·    tugas kelompok
·    tugas individu
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat
4
·   buku yang terkait dengan surat-menyurat
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                :
Mata Pelajaran                  :
Kelas/Program                  :
Semester                            :
Alokasi waktu                 :
A.Standar Kompetensisi:

B.Kompetensi Dasar:
SMA
Bahasa Indonesia
XI / IPA, IPS
II
2X 45  menit
II. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan, notulen rapat, dan karya ilmiah.
9.1      Menulis notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya.
C. INDIKATOR :

Kognitif
Produk
1.Menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap.
2.Membuat notulen rapat yang lengkap
    Proses

                              1)      Mendiskusikan notulen rapat yang telah dibuat
                2)    Mencatat perbedaan dan persamaan antara dua notulen rapat atau lebih.

Psikomotor
                   Mengidentifikas idua notulen rapat atau lebih

Afektif
Karakter
·         kerja sama
·         akomodatif
·         tanggung jawab
·         menghargai pendapat

Keterampilan sosial
      1.Menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap.
      2.Membuat notulen rapat yang lengkap

D.TUJUAN PEMBELAJARAN :
Kognitif

Produk
1.Secara mandiri siswa dapat menulis notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya.
2.Secara mandiri siswa dapat menentukan pola notulen rapat yang sistematis

Proses

Siswa diberikn lembr kerja yang berisi dua contoh notulen rapat. Selanjutnya, siswa diharapkn dapat:
1.mengidentifikasi kedua notulen tersebut.
2.mencatat perbedaan dan persamaan kedua notulen tersebut.
Psikomotor
. Siswa dapat menyusun notulen rapat yang lengkap dan sistematis

Afektif

a.Karakter

Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam berperlaku seperti kerja sama,jujur, bertanggung jawab, dan apresiatif

   b.Keterampilan sosial

          Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkn kemjuan dalam keterampilan bertanya dengan bahasa yang baik dan benar, menyumbang ide, menjadi pendengar yang baik, dan membantu teman yang mengalami kesulitan.

E.MATERI PEMBELAJARAN
1. contoh notulen rapat
2. Unsur-unsur notulen raat
     3, Pola notulen rapat

1.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Komunikatif
Metode         :
a.    Diskusi
b.    Tanya Jawab
c.     Inkuiri
d.    Kooperatif

2.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.    Kegiatan Awal (10 menit)
1)    Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, dan menanyakan keadaan siswa yang tidak hadir.
2)    Guru memotivasi siswa dengan bertanya jawab yang berkaitan dengan notulen rapat.
3)    Guru menyampaikan tujuan belajar yang harus dicapai.
b.    Kegiatan Inti (60 menit)
1)    Guru memberikan petunjuk pembelajaran.
2)    Guru membagi siswa ke dalam kelompok, setiap siswa dalam kelompok terdiri atas 5 (lima) orang.
3)    Setiap siswa dalam kelompok membaca buku nonfiksi beberapa contoh notulen rapat, mengidentifikasi notulen rapat, mencatat perbedaan dan persamaannya, menemukan pola penulisan notulen rapat yang lengkap, menulis notulen rapat, mendiskusikan notulen rapat yang telah dibuat.
4)    Guru menunjuk 2 (dua) orang siswa dari kelompok yang berbeda untuk menyampaikan hasil diskusinya, kelompok yang lain menanggapinya.
c.     Kegiatan Akhir (20 Menit)
1)    Guru dan siswa menyimpulkan hasil belajar.
2)    Guru memberikan evaluasi (proses dan hasil) dan memberikan penguatan.
3)    Guru menutup pelajaran, memberikan tugas/menunjukkan pelajaran pada pertemua berikutnya.

3.    Sumber, Alat, dan Media Belajar
a.    Contoh notulen rapat
b.    Buku siswa penerbit Intan Pariwara, disusun oleh Nunung Yuli Eti, Anton Saparyata, dan M. G. Hesti Puji Rastuti.
c.     Buku siswa penerbit Mediatama, di susun oleh Drs. Kastam Syamsi, M. Ed., dan Drs. Yanti Mujiyonto.

4.    Penilaian
a. Teknik                                        : Tes unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen                : Uji petik kerja prosedur dan produk
c. Soal/Instrumen                      :

Penilaian Hasil.

1)Bacalah dua notulen rapat pada bahan ajar
2)Identifikasi kedua notulen tersebut. Catatlah perbedaan dan persamaannya!

Rubrik Penilaian :
No
Aspek
Deskriptor
Skor
Skor Maksimum
1
Perbedaaan
2.                 Siswa menuliskan dengan tepat.
3.                 Siswa menuliskan dengan kurang tepat.
4.                 Siswa menuliskan dengan tidak tepat.
5.                 Siswa tidak menuliskan dengan apa-apa.
3
2

1

0
3
2
Perbedaan
6.                 Siswa menuliskan dengan tepat.
7.                 Siswa menuliskan dengan kurang tepat.
8.                 Siswa menuliskan dengan tidak tepat.
·  Siswa tidak menuliskan dengan apa-apa.
3
2

1

0
3
Jumlah Skor Maksimum
6


2)Tentukanlah pola penulisan notulen rapat yang lengkap!

    Pedoman Penskoran:
Kegiatan
Skor
Siswa menuliskan pola notulen rapat yang lengkap dengan tepat.
3
Siswa menuliskan pola notulen rapat yang lengkap dengan kurang tepat
2
Siswa menuliskan pola notulen rapat yang lengkap dengan tidak tepat
1
Siswa tidak menuliskan apa-apa
0
Jumlah skor maksimum
5


1)    Tulislah notulen rapat yang lain dengan benar!

Rubrik Penilaian :
No
Aspek
Deskriptor
Skor
Skor Maksimum
1
Sistematika dan kelengkapan pola penulisan notulen rapat
9.                 Urutan-urutan sesuai dan pola penulisan notulen rapat lengkap.
10.              Urutan-urutan sesuai dan pola penulisan notulen rapat tidak lengkap.
11.              Urutan-urutan tidak sesuai dan pola penulisan notulen rapat lengkap.
12.              Urutan-urutan tidak sesuai dan pola penulisan notulen rapat tidak lengkap.
3

2


1

0
3
2
Penggunaan Ejaan dan tanda baca
·         Tidak ada kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca.
·         Terdapat sedikit kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca.
·         Sebagian besar penulisan ejaan dan tanda baca salah.
·         Pengunaan tanda baca dan ejaan salah semua.
3

2

1

0
3
Jumlah Skor Maksimum
9

3)Diskusikan notulen rapat yang telah dibuat!

Panduan Observasi:
No.
Nama
Aspek
Jumlah
Ket.
1
2
3
4
5



























Keterangan:
1.       Keaktifan berdiskusi
2.       Percaya diri
3.       Mengahrgai pendapat orang lain
4.       Sopan dalam bertutur kata
5.       Tidak memaksakan kehendak

Sangat Baik   = 5
Baik               = 4
Cukup            = 3
Kurang           = 2
Sangat kurang = 1


Skor maksimal:
No. 1)                             =   6
No. 2)                             =   3
No. 3)                             =   9
No. 4)                             = 25
Jumlah                           = 43

Penghitungan nilai Akhir dalam skala 0-100 adalah sebagai berikut:
        Perolehan Skor
Nilai akhir = .................................................                  x   Skor Ideal (100) = ..............
     Skor Maksimum (43)













Nama:                                                        NIM:                                Tanggal:
LKS1 = Kognitif: produk
1)Bacalah dua notulen rapat pada bahan ajar
2)Identifikasi kedua notulen tersebut. Catatlah perbedaan dan persamaannya!





.








Skor: …….
Skor: …
Catatan: skor penilaian hasil kerja siswa menggunakan rentang skor sesuai dengan bobot soal.
Nama:                                                        NIM:                                Tanggal:
LKS2 = Kognitif: proses
2)Tentukanlah serta tulislah pola penulisan notulen rapat yang lengkap!














Skor: …….
Skor: …
Catatan: skor penilaian hasil kerja siswa menggunakan rentang skor sesuai dengan bobot soal.
Nama:                                                        NIM:                                Tanggal:
LKS 3 = psikomotor
Diskusikan notulen rapat yang telah dibuat!
      Catatlah hasil kesimpulan diskusi kalian!














Skor: …….
Skor: …
Catatan: skor penilaian hasil kerja siswa menggunakan rentang skor sesuai dengan bobot soal.
LKS 4 = Afektif: Perilaku Berkarakter
PETUNJUK:
Berikan penilaian atas setiap perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut:
A  = sangat baik                                                          B = memuaskan         
C = Menunjukkan kemajuan                                      D = memerlukan perbaikan

FORMAT PENGAMATAN PERILAKU BERKARAKTER
No.
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
Memerlukan perbaikan (D)
Menunjukkan Kemajuan (C)
Menuaskan (B)
Sangat Baik (A)
1
Kerja sama




2
Akomodatif




3
Bertanggung jawab




4
Menghargai pendapat











Hari, Tanggal:



LKS 5 = Afektif: Keterampilan Sosial
PETUNJUK:
Berikan penilaian atas setiap keterampilan social siswa menggunakan skala berikut:
A  = sangat baik                                                          B = memuaskan         
C = Menunjukkan kemajuan                                      D = memerlukan perbaikan

FORMAT PENGAMATAN KETERAMPILAN SOSIAL
No.
Rincian Tugas Kinerja (RTK)
Memerlukan perbaikan (D)
Menunjukkan Kemajuan (C)
Menuaskan (B)
Sangat Baik (A)
1
Menyusun notulen rapat dengan tepat




2
Menyumbang ide




3
Menjadi pendengar yang apresiatif




4
Membantu teman yang mengalami kesulitan





Hari, Tanggal:
Guru/Pengamat,

(……………………………………..)












Notulen Rapat
Kelas XI.2

Standar Kompetensi
          Mengungkapkan informasi ddalam bentuk rangkuman /ringkasan, notulen rapat dan karya ilmiah
Kompetensi Dasar
        Menulis notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya.

Notulen adalah catatan singkat mengenai jalannya rapat dan hal yang diputuskan atau dibicarakan atau laporan yang berbentuk singkat yang memuat isi
dan hasil pertemuan.
          Unsur-unsur Notulen rapat ditulis berdasarkan urutan materi dan tujuan rapat, waktu rapat, tempat rapat, peserta, acara rapat atau pelaksanaan, jalannya rapat, dan keputusan atau hasil rapat.

Contoh : Notulen Rapat Pengamatan Museum Sulawesi Tenggara

1.   Materi dan Tujuan Rapat
Materi rapat adalah membahas program kerja OSIS SMAN 4 Kendari. Tujuan rapat sebagai berikut:
a.    Menampung pendapat tentang program kerja OSIS SMAN 4 Kendari.
b.    Membahas rencana pengamatan di Museum Sultra.
c.    Pembetukan panitia pengamatan di Museum Sultra.
2.  Waktu
Hari, tanggal : Sabtu, 20 Desember 2010
Waktu          : 14.00 – 17.00 WITA
3.  Tempat
Ruang OSIS SMAN 4 Kendari
4.  Peserta
Rapat dihadiri oleh guru pembimbing, pengurus OSIS, dan perwakilan kelas XI,setiap kelas 5 orang.
5.  Pelaksanaan
Acara rapat sebagai berikut:
a.    Pembukaan
b.    Pengarahan oleh guru pembimbing
c.    Membahas program kerja oleh OSIS SMAN 4 Kendari
d.    Pemilihan panitia pengamatan di Museum Sultra dipandu oleh ketua OSIS SMAN 4 Kendari.
e.    Penutup
6.  Jalannya Rapat
Rapat berjalan dengan  tertib dan lancar. Acara dimulai pukul 14.00 Wita.
Semua peserta mengikuti rapat sampai selkritik dan esai. Rapat diawali dengan pembukaan oleh ketua OSIS SMAN 4 Kendari. Dilanjutkan dengan pengarahan mengenai prosedur pengamatan. Pengarahan ini dikemukakan oleh Ibu  Dra. H. Rosmita, M.Hum, selaku guru pembimbing kegiatan pengamatan.
Selanjutnya, rapat membahas program kerja SMAN 4 Kendari. Rapat juaga memilih panitia pengamatan yang akan diadakan di Museum Sultra. Rapat ditutup oleh saudara Muh. Iqbal kalbi, selaku ketua OSIS SMAN 4 Kendari. Rapat berakhir pukul 17.00 Wita.
7.  Keputusan Rapat
Penyampaian program oleh ketua OSIS SMAN 4 Kendari .
Rapat ini membahas pengamatan di Museum Sultra. Berkaitan dengan kegiatan tersebut, perlu dilakukan pembentukan panitia pengamatan.
Hasil pemilihan panitia kegiatan pengamatan di Museum Sultra:
a.    Ketua        :   Faisal Nismar
b.    Wakil         :   Fina Amalia
c.    Sekretaris    :   Faturrachman M
d.    Bendahara  :   Rosmitha
e.    Seksi-Seksi sebagai berikut:
1)    Seksi Dana                              :   Hariaty
2)   Seksi Akomodasi dan Perizinan :   Rifkiani
3)   Seksi Konsumsi                       :   Nur Ratni


Tidak ada komentar:

Posting Komentar